17 Kota Ini Dulunya Terkenal Sekarang Tak Berpenghuni dan Menyeramkan! - Darksider | Dunia Hiburan Creepy

Darksider | Dunia Hiburan Creepy

This Is About The Darkside In The World

Tuesday, April 10, 2018

17 Kota Ini Dulunya Terkenal Sekarang Tak Berpenghuni dan Menyeramkan!

Kota merupakan kawasan pemukiman yang secara fisik ditunjukkan oleh kumpulan rumah-rumah yang mendominasi tata ruangnya dan memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung kehidupan warganya secara mandiri.

Tapi apa yang terjadi jika kota tersebut sudah tidak dihuni lagi?

Hanya meninggalkan reruntuhan bangunan yang berserakan dimana-mana, suasana sepi,sunyi dan senyap yang tampak melengkapi kota tersebut dengan kata "seram". Mungkin anda berpikir kota semacam ini hanyalah hayalan belaka dari dunia perfilman.

Jika anda berpikir seperti berarti anda salah, kota mati atau  Kota yang tidak berpenghuni  ternyata memang ada di dunia ini. Kota tersebut ditinggalkan olehpenduduk sekitar karena sebuah alasan

mulai dari perang, bencana alam,wabah penyakit, banyak penghuni tak kasat mata dan lain sebagainya

Baca Juga: 10 Hal Yang Membuat Kematian jadi Lebih Buruk!

Berikut  17 Kota Dulunya Terkenal Sekarang Tak Berpenghuni dan Menyeramkan! mari disimak!



1. Bodie, California

Pada tahun 1859, kota ini sempat terkenal karena tambang emasnya yang sangat melimpah. Seiring berjalannya waktu, kota Bodie di California ini memiliki penduduk 8.500 orang dan lebih dari 2.000 bangunan.
Tapi pada tahun 1881, tambang emas di kota ini mulai menipis, ditambah lagi ada kebakaran yang terjadi pada tahun 1932 yang menghanguskan hampir semua bangunan di kota ini. Tidak lama setelahnya, kota ini mulai ditinggalkan secara besar-besaran.



2. Prypiat, Ukraina 

Prypiat dalah kota mati yang terletak di dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl, Oblast Kiev, Ukraina bagian utara, tidak jauh dari perbatasan dengan Belarus.

Kota ini memiliki status khusus sebagai kota yang berada di bawah pengawasan langsung Oblast Kiev walaupun sebenarnya masih dalam cakupan wilayah Raion Ivankiv. Kota ini juga diawasi oleh Kementerian Keadaan Darurat Ukraina sebagai bagian dari wilayah yang terletak dalam zona alienasi.

Pripyat didirikan pada tahun 1970 sebagai tempat tinggal bagi karyawan PLTN Chernobyl. Kota ini diresmikan pada tahun 1979, tetapi ditinggalkan penghuninya pada tahun 1986 pasca bencana Chernobyl.
 Pada masanya, Pripyat merupakan kota nuklir kesembilan di Uni Soviet dan memiliki populasi kira-kira 50.000 jiwa sebelum terjadi bencana.



 3. Kolmanskop, Namibia
Di masa lalu, kota Kolmanskop di Namibia ini terkenal dengan tambang berliannya. Tidak perlu waktu lama, orang berbondong-bondong mendatangi kota ini pada awal tahun 1908 untuk mencari keberuntungan.
Tapi, setelah perang dunia pertama berakhir, harga berlian menurun sangat drastis, penduduk kota ini pun mulai kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Puncaknya, pada tahun 1950-an, penduduknya mulai meninggalkan kota ini secara besar-besaran.



4. Humberstone, Chille
Humberstone adalah sebuah bekas kota pertambangan yang berda di Gurun Atacama, beberapa ratus kilometer dari perbatasan Chile dengan Peru dan Bolivia.

 Kota ini menjadi pusat industri Potasium nitrat, yang digunakan sebagai bahan pembuat pupuk. Potasium nitrat ini ditambang dari pasir atau kerikil-kerikil yang ada di gurun. Gurun Atacama mensuplasi hampir semua kebutuhan nitrat dunia pada periode periode akhir abad ke 19 sampai awal abad ke 20.

Potasium nitrat dahulu dikenal dengan nama emas putih, dan merupakan komoditas dengan permintaan yang besar, karena digunakan sebagai bahan pembuat pupuk, yang saat itu sangat dibutuhkan untuk pertanian Eropa.Pada 1878 pecah perang antara Chile dengan Bolivia, yang didukung oleh Peru.

Di akhir perang yang berlangsung selama empat tahun ini, Chile meraih kemenangan dan menganeksasi wilayah-wilayah kaya nitrat di Bolivia dan Peru. Saat ini, Humberstone adalah kota hantu.

Tidak ada yang tinggal di sini selama lebih dari setengah abad. Masih terlihat toko-toko yang dulu dipenuhi para pekerja yang berbelanja kebutuhan mereka. Masih terlihat juga bioskop yang menyediakan hiburan. Sisa –sisa hotel, kolam renang, dan alat-alat berat juga masih bisa dilihat di sekitar pertambangan.



5. Kannecot, Alaska
Hampir sama dengan kota-kota sebelumnya, kota ini berjaya karena adanya tambang tembaga dan sangat ramai pada tahun 1940-an. Tapi, setelah tambang tembaga mulai habis, kota ini mulai ditinggalkan oleh penduduknya.



6. Centralia, Pennsylvania
Mungkin agan pernah main game silent hill? kalo iya kota ini merupakan versi nyatanya

 Di bawah tanah kota ini terdapat api dari tambang batubara yang sudah lama terus menyala hingga sekarang sejak tahun 1962. Awalnya, penduduk kota ini tidak mau pindah karena mengira hal ini bukanlah sesuatu hal yang bahaya.

Tapi pada akhirnya, mau tidak mau, mereka harus pindah dari kota ini. Hingga akhirnya, kota ini jadi kota mati yang hanya menyisakan beberapa orang dan sebuah bangunan gereja yang masih melanjutkan pelayanannya.



7. Kowloon Walled City, China
Kota tanpa hukum The Kowloon Walled City terletak di luar Hong Kong, China selama pemerintahan Inggris.

Seorang mantan watchpost untuk melindungi daerah terhadap bajak laut, itu diduduki oleh Jepang selama Perang Dunia II dan kemudian diambil alih oleh penghuni liar setelah Jepang menyerah. Baik Inggris maupun China ingin tanggung jawab untuk itu, sehingga menjadi kota tanpa hukum sendiri.

Populasinya berkembang selama beberapa beberapa dekade, dengan penduduk membangun koridor labirin di atas permukaan jalan, yang tersumbat dengan sampah. Tumbuh bangunan sangat jangkung hingga matahari tidak dapat mencapai tingkat bawah dan seluruh kota harus diterangi dengan lampu neon.

Itu adalah tempat di mana rumah pelacuran, kasino, sarang opium, kokain panti, food court yang menyajikan daging anjing dan pabrik-pabrik rahasia berlari tanpa gangguan oleh otoritas. Kota mati ini akhirnya diruntuhkan pada tahun 1993 setelah keputusan bersama dibuat oleh Inggris dan Cina, yang waspada terhadap kesehatan.



8. Dhanushkodi, India
Kota Dhanushkodi di India ini menjadi kota mati karena diterjang oleh angin topan pada tahun 1964. Walaupun sudah rusak dan porak-poranda, tapi tempat ini masih dianggap keramat oleh umat Hindu di India.



9. Salton Riviera, California
 Dulunya, kota Salton Riviera di California ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang mempunyai daya tarik dengan pantai yang indah. Kemudian, airnya menjadi sangat asin yang membuat banyak ikan mati.

Akibat bau menyengat dari bangkai-bangkai ikan yang mati tersebut, akhirnya penduduk di kota ini pun memutuskan pindah ke kota lain.



10.  Pulau Hashima, Jepang
Pulau Hashima umumnya disebut Gunkanjima yang berarti pulau kapal perang. Pulau ini adalah pulau yang sudah tak berpenghuni lagi.

Dahulu pulau ini padat penduduk, karena menjadi pusat pertambangan batu bara terbesar yang dikelola oleh perusahaan Mitsubishi.  Pada tahun 1960 Jepang sempat mengganti pertambangan batu bara ke minyak bumi, sehingga pada tahun 1974 usaha dari Mitsubishi ini ditutup.

Karena sudah menjadi pulau tak berpenghuni lagi, kini suasana seram dari bangunan di pulau ini menjadi legenda mitos bagi masyarakat Jepang.

Berkat mitos tersebut banyak wisatawan yang penasaran dengan pulau tersebut, sehingga mereka rela untuk berwisata di pulau seram ini.

Walaupun seram, pulau ini pernah dijadikan lokasi shooting film – film terkenal seperti James bond : Sky fall dan film Jepang Battle Royal 2, serta yang terbaru pulau ini akan menjadi lokasi shooting untuk versi . . . . . . Live Action dari anime Shingeki no Kyojin.

Para wisatawan dapat merasakan sensasi misteri dari pulau ini,  dengan menggunakan perahu dari pelabuhan Nagasaki. Untuk berwisata ke pulau ini kalian harus menyiapkan dana sekitar Rp. 460.000. Namun bagi yang tidak memliki cukup uang, Akiba Nation punya pilihan lain untuk merasakan sensasi pulau tersebut.



 11. Ross Island, India
Saat di jajah oleh negara Inggris, pulau ini menjadi markas pusat hukum di India yang diikuti dengan berkembangnya infrastruktur-nya. Tapi, pada tahun 1941, banyak penduduknya yang memutuskan meninggalkan pulau karena terjadi gempa yang hebat di pulau ini.



12.  San Juan Parangaricutiro, Meksiko
Kota San Juan Parangaricutiro di Meksiko ini dibangun di sebelah gunung Paricutin, kemudian gunung Paricutin meletus pada tahun 1942, dimana letusan tersebut juga ikut menghancurkan kota San Juan Parangaricutiro. Kini, kota ini sudah tidak berpenghuni lagi.



13. Villa Epecuén, Argentina
Kota Villa Epecuén di Argentina ini dulunya adalah sebuah resort yang megah sebelum dihancurkan oleh banjir besar pada tahun 1985. Hingga sampai saat ini, kota ini tidak pernah di pulih lagi dan menjadi salah satu kota mati di dunia.



14. Famagusta, Cyprus
 Famagusta merupakan sebuah kota yang terletak di bagian utara Cyprus dan Republik Turki Cyprus Utara.

Kota ini merupakan ibu kota Distrik Famagusta. Penduduknya berjumlah 35.403 jiwa (2003). Kota ini biasanya dipanggil dengan nama Arsinoe.Famagusta di Cyprus Utara adalah sebuah kota yang memiliki tembok indah diabad pertengahan dengan arsitektur untuk menyaingi yang terbaik di Eropa Timur.

Famagusta masih sangat banyak kota yang bekerja, dijaga oleh ratusan generasi Cyprus yang telah tinggal dan bekerja di sini.Usia yang tepat dari kota kuno ini tidak pasti, meskipun beberapa sejarawan percaya bahwa Famagusta didirikan pada tahun 285 SM oleh raja Mesir Ptolemy. Secara pasti permukiman di daerah banyak lebih awal ada dari pada Fatamagusta, termasuk penyelesaian Bronze Age of Enkomi.

Memang, kota pada abad pertengahan berdinding Famagusta mungkin telah dibangun di situs kota kuno Arsinoe. Tentu saja, Famagusta berkat manfaat dari kehancuran kota makmur dekat Salamis, ketika warga mungkin dipindahkan dari Romawi yang telah hancur ke Famagusta.



 15.  Kayakoy, Turki
Kota ini dibangun pada tahun 1700-an, dulunya, kota ini juga rumah bersama bagi Muslim Anatolia dan Kristen Ortodoks Yunani. Tapi situasinya menjadi memanas setelah perang dunia pertama dan perang Yunani dan Turki (1919-1922).

Karena kondisi inilah, akhirnya dibuat kesepakatan pada tahun 1923, dimana inti dari kesepakatan tersebut adalah kota Kayakoy harus ditinggalkan oleh penduduknya sebagai bentuk perdamaian politik waktu itu.



16.  St. Elmo, Colorado
Sama dengan kota Yang lain, kota St. Elmo di Colorado juga merupakan daerah pertambangan emas dan perak, dimana pada tahun 1880-an, banyak orang memutuskan menetap disana. Tapi, akibat ditutupnya rel kereta api membuat kota ini akhirnya ditutup dan menjadi salah satu kota mati di dunia.



17.  Marina City, Indonesia
Ternyata Indonesia juga memiliki kota mati, setidaknya ada yang sudah diketahui yaitu Marina City di Batam

Dulu, kota ini adalah pusat perjudian di Batam, banyak warganya yang hidup makmur pada saat itu. Tapi, setelah adanya larangan perjudian dari pemerintah Indonesia, secara drastis, perekonomian kota ini lumpuh total. Akibatnya, banyak warganya yang meninggalkan kota ini ke kota lainnya.



Itulah beberapa kota terkenal yang sekarang tak berpenghuni dan muembuat pemandangannya menjadi mengerikan. tetapi walau sudah tak berpenghuni, sebagian orang masih mengganggap kota tersebut memiliki sisi keindahannya

Note: Postingan ini di dapat dari berbagai Sumber

1 comment:

Powered By Blogger